Tahun 1969

Ditemukan ARPANET yang dibuat oleh Robert Tailor. Ada 4 titik yang terhubung yaitu UCLA (University of California Los Angels), SRI (Stanford Research Institute), UCSB (University of California Santa Barbara), dan U of Utah. Pada tahun ini paket pertama, First RFC (Request For Comment) yang dibuat oleh Steve Crocker dikirim oleh Charley Kline.

Tahun 1970

RFC mulai dikembangkan oleh Jon Postel.

Untuk pertama kalinya ARPANET digunakan oleh NCP (Network Control Protocol).

First end to end : langkah pertama untuk melakukan langkah kerja suatu jaringan.

Tahun 1971

Ray Tomlinson dari Bolt, Beranek and Newman menemukan 15 titik dan email.

Tahun 1972

@ dipilih oleh Ray Tomlinson untuk memisahkan id pengguna dan nama pengguna (hostname). Contoh : aeramenis@yahoo.com

Pertama kali ditemukan program chat antar computer di UCLA

Tahun 1973

Bob Metcalfe (Harvard PhD Thesis) menemukan ethernet. Ethernet ialah sambungan dalam sebuah jaringan di internet.

Tahun 1974

Mulai dikenal TCP (Transmission Control Protocol) oleh Vint Cerf dan Bob Kahn.

Tahun 1975

Mailing List atau yang biasa disebut Milis (tempat diskusi melalui e-mail di internet) yang pertama oleh Steve Walker.

Tahun 1976

Ratu Elizabeth II mencoba mengirim e-mail.

Tahun 1978

TCP dipisahkan menjadi TCP dan IP (Internet Protocol).

Tahun 1979

3Com (sebuah perusahaan yang menyediakan jasa keamanan dan menyediakan solusi jaringan dalam skala dunia) oleh Bob Metcalfe.

Tahun 1981

BITNET (Because I'is Time NETwork) mulai digunakan, jadi pada tahun ini orang sudah banyak menggunakan jaringan internet.

Tahun 1982
DoD (sebuah perusahaan) mulai menggunakan TCP/ IP untuk menyambungkan jaringan.

Tahun 1983
NCP (Network Control Protocol) berubah total menjadi TCP/ IP. ARPANET dipisah menjadi ARPANET dan MILNET( MILitary NETwork). BSD (Barkeley Software Distribution) atau Barkeley UNIX mulai menggunakan TCP/ IP.

Tahun 1984
DNS (Domain Name System) mulai diperkenalkan. Pada saat ini, sudah ada lebih dari 1000 host.

Tahun 1986
NSFNET (National Science Foundation NETwork) dibuat, dan menggabungkan antara lima super komputer. IETF (Internet Engineering Task Force) dan NNTP (Network News Transfer Protocol) dibentuk.

Tahun 1987
Pada tahun ini, jumlah host di dunia sudah lebih dari 10000.

Tahun 1988
Virus pertama dalam sebuah jaringan diluncurkan oleh Morris. CERT (Computer Emergency Response Team), menanggapi adanya virus tersebut dengan membuat scanner virus. IRC (Internet Relay Chat) dibuat.

Tahun 1989
Ketika itu, jumlah host yang tersebar di seluruh dunia sudah lebih dari 100000.

Tahun 1990
ARPANET berhenti dan digantikan oleh AOL( America OnLine), di mana saat itu CompuServe sudah dapat menemukan layanan dial-up. Dial-up merupakan sebuah piranti yang dapat menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan.

Tahun 1991
www (World Wide Web) ditemukan oleh Tim Berners-Lee dari CERN (european council nuclear research). LINUX diluncurkan oleh Linus Torvalds.

Tahun 1992
MBONE (Multicast backBONE) dibuat. Dan di tahun ini host di dunia sudah lebih dari satu juta.

Tahun 1993
Network Solution Inc merupakan sebuah perusahaan solusi jaringan yang menyediakan nama registrasi domain secara online. Sebagai contoh: www.whitehouse.gov



This entry was posted on 03.54 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

About Me

kami adalah siswi-siswi kelas XI ia 5 di SMAN 1 Salatiga. judul blog ini adalah nama-nama panggilan kami, sedangkan nama lengkap kami adalah: Annisa Fakhriya Rofi (icha), Dwi Suci Candraningsih (Uchik), Meutia Ermina Toif (Meuti), Monika Yudha Chris Inggita (Monik). kami membuat blog ini karena tugas yang diberikan Ibu Yuyun selaku guru TIK kami. namun tujuan kami membuat blog ini tidak hanya untuk memenuhi tugas TIK, melainkan tugas2 lain dan mungkin hal-hal lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan tugas. jadi blog ini terbuka untuk umum. semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman, guru, dan siapa pun yang membaca blog ini.
Diberdayakan oleh Blogger.